Ini Profil dan Karir Cemerlang Wakil Rakyat Fauzi H. Amro


FAUZI H. AMRO MSI, dilahirkan pada 7 Juni 1976 di Desa Remban ,yang merupakan anak seorang petani masuk wilayah Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan. Fauzih anak kedua dari enam bersaudara, buah hati dari H Amro Ahmad dan Hj Rokibah.

Fauzi memulai pendidikan dasar di SDN 01 Remban, Surulangun Rawas, Kabupaten Musirawas. Selanjutnya, Fauzi meneruskan pendidikan menengah di SMP Negeri 07 Kota Bengkulu dan dilanjutkan ke SPP DATI I Bengkulu.

Fauzi kemudian hijrah dari Pulau Sumatera untuk menuntut ilmu di Pulau Jawa. Fauzih berkuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Padjajaran (UNPAD) di Bandung. Fauzi juga melanjutkan kuliah di Pasca Sarjana Universitas Indonesia (UI).

Sejak duduk di bangku sekolah, Fauzi dikenal aktif berorganisasi. Fauzih dipercaya teman-temannya untuk menjabat Ketua OSIS periode 1993-1994 di SPP DATI I Bengkulu.

Kemudian, di kampus Fauzi makin aktif berorganisasi. Dikenal sebagai mahasiswa yang berasal dari daerah, Fauzih tak rendah diri dan mampu menunjukkan bahwa ia memiliki potensi untuk menjadi pemimpin. Di kampus, ia dipercaya menjabat sebagai Ketua Senat Mahasiswa FAPET IPB dan Presidium Keluarga Mahasiswa IPB Tahun 1997-1998.

Ia juga bergabung dengan organisasi kemahasiswaan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Di HMI, Fauzi diamanahi sebagai Ketua HMI Komisariat FAPET IPB periode 1997, kemudian sebagai Ketua HMI Cabang Bogor periode 1997-1998.

Fauzih juga pernah mendapat amanah sebagai Wakil Sekretaris BADKO HMI Jabagbar periode 1998-2000 dan Ketua PTKP PB HMI periode 2002-2004.

Fauzi juga pernah menjabat sebagai Ketua Kelompok Diskusi Anak Bangsa pada tahun 1997-1998, Ketua Koperasi Nusantara Bergema tahun 1999 hingga 2000, Ketua KMI periode 2004-2013, dan Ketua Umum PP PRI tahun 2007-2013.

Fauzi juga memiliki pengalaman kerja yang luas. Ia pernah bekerja sebagai peneliti di Unit Pendidikan dan Penelitian Jonggol (UP3J), peneliti dan instruktur pada Pelatihan dan Manajemen Penggemukan Domba Mendiknas dan PB HMI pada 2002, peneliti di PT Lembu Sodo Mandiri, Ciawi, Bogor pada tahun 2001.

Kemudian, sebagai marketing officer di PT Kartika Naya tahun 2003, direktur marketing di PT Daya Cipta Kreasindo tahun 2004. Hingga saat ini Fauzi masih menjabat sebagai Komisiaris Utama CV Muratara Jaya dan pemilik Faris Laundry & Dry Cleaning Palembang.

Fauzih juga sempat dipercaya menjadi staf ahli Fraksi PBR (Partai Bintang Reformasi) DPR RI pada tahun 2005. Kegemilangan Fauzih di dunia politik semakin cemerlang ketika di tahun 2006, Fauzih dipercaya menjabat sebagai Ketua DPW PBR Sumsel tahun 2006 hingga 2013.

Tahun 2009, Fauzi menjadi calon anggota DPR-RI dari PBR untuk daerah pemilihan (dapil) Sumsel 1 yang meliputi Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, Musirawas, dan Kota Lubuklinggau). Ketika itu Fauzi berhasil memperoleh 68.000 suara.

Tahun 2014, Fauzi kembali menjadi calon anggota DPR-RI namun kali ini ia berlabuh di Partai Hanura dan beliau berhasil memenangkan suara rakyat dan duduk sebagai anggota komisi V DPR-RI periode 2014-2019.

Keberhasilan Fauzi dalam membangun karir politik dan dunia usaha diimbangi pula dalam membina bahtera rumah tangga. Bersama istrinya, drh Baiq Yunita Arisandi, Fauzih dikarunia 3 orang putra, yakni Muhammad Azka Khenan AlFaris, Muhammad Fathir Akbar AlFaris, dan Muhammad Azzam Ramadhan AlFaris.

Fauzi dikenal sebagai anggota legislatif di komisi V yang membidangi Perhubungan, Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, Pembangunan Pedesaan dan Kawasan Tertinggal, Meteorologi, Klimatologi & Geofisika, yang cukup aktif memperjuangkan kepentingan publik.


Kini Fauzi terpilih kembali menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) dari Partai Nasdem Fauzi H Amro memastikan diri untuk kedua kalinya melenggang ke senayan.
Bahkan, mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), juga berhasil menyalip Maphilinda SO dengan hanya terpaut suara cukup jauh sekitar 5000an suara.

berdasarkan hasil yang diraih. Dimana, untuk total semuanya yang berhasil diraih secara pribadi sebanyak 84.956 suara, 40.975 ribu disumbangkan dari tanah kelahirannya, Kabupaten Musi Rawas Utara.

“Dengan total keseluruhan, Fauzi H Amro Partai Nasdem meraih suara 268.989 ribu duduk untuk Kursi ke-3 dari total 8 kursi di dapil sumsel 1. (HB)

Sumber : komeringonline.com
Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar