Fauzi Amro : Pemerintah Harus Prioritaskan Keselamatan Warga dari Wabah Corona


JAKARTA, Anggota DPR RI Fraksi NasDem, Fauzi Amro mengatakan penyebaran virus Corona (Covid-19) yang semakin meluas sehingga perlu bagi pemerintah mempersiapkan karantina wilayah (lockdown), dengan catatan memenuhi persiapan kebutuhan pangan masyarakat.

"Pemerintah Pusat dan daerah perlu menyiapkan anggaran untuk menyubsidi kebutuhan warga terutama kebutuhan pangan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Arab Saudi dan beberapa negara lainnya yang menerapkan lockdown," kata Fauzi Amro, anggota Komisi IV DPR RI di Jakarta.

Menurut Legislator NasDem itu, Indonesia telah memiliki UU Nomor 6 tahun 2018 tentang Karantina. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum pemerintah menetapkan status darurat kesehatan nasional dan memberlakukan karantina.

"Sudah ada aturannya. Dalam UU itu ada beberapa macam karantina, seperti karantina rumah, karantina rumah sakit, hingga karantina wilayah," jelasnya.

Seperti pada Pasal 50, 51, dan 52 UU No.6/2018 mengatur tentang karantina rumah. Ini dilakukan hanya kalau kedaruratannya terjadi di satu rumah. Karantina ini meliputi orang, rumah, dan alat angkut yang dipakai. Dan orang yang dikarantina tidak boleh ke luar rumah, tapi kebutuhan mereka dijamin negara.

"Sedangkan di Pasal 53, 54, dan 55 bicara tentang karantina wilayah. Inilah yang disebut lockdown. Syaratnya, harus ada penyebaran penyakit di antara masyarakat sehingga harus dilakukan penutupan wilayah untuk menangani wabah tersebut. Wilayah tersebut diberi tanda karantina, dan dijaga aparat. Anggota masyarakat tidak boleh keluar masuk wilayah yang dibatasi. Kebutuhan dasar mereka wajib dipenuhi pemerintah," papar alumni IPB tersebut.

Lockdown berarti terhentinya kegiatan ekonomi masyarakat. Di sisi lain, beban negara akan bertambah karena harus memenuhi kebutuhan masyarakat yang terdampak.

"Jadi, fokus kebijakan pemerintah harus memprioritaskan keselamatan masyarakat dari wabah virus corona termasuk suplai kebutuhan warga saat situasi darurat seperti ini. Semoga cobaan dan situasi cepat berlalu," tutup Legislator NasDem asal Palembang itu.(BA/*)
Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar