Otoritas Bandara Jangan Permalukan Jokowi

Fauzih H Amro. Foto RMOLSumsel.
RMOL. Kebakaran yang terjadi di terminal 2E Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Minggu (5/7) dinihari, patut disesalkan.

"Ini sudah lebaran 13 hari lagi kejadian ini jangan sampai terulang. Ini peringatan buat Angkasa Pura I dan II atau bandara di bawah Kemenhub (Kementerian Perhubungan)," tegas anggota Komisi V DPR, Fauzih Amro saat berbincang dengan wartawan beberapa saat lalu, Senin (6/7).

Atas insiden, Komisi V DPR berinsiatif untuk meninjau langsung lokasi kejadian. Apalagi infonya banyak penerbangan yang terpaksa di-delay. Selain ke bandara, kata Komisi V DPR juga berencana inspeksi mendadak ke Tanjung Priuk dan Stasiun Senen usai rapat paripurna nanti.

Fauzih menegaskan, sudah menjadi keharusan untuk semua pihak otoritas bandara  patuh terhadap petunjuk pelaksan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis). Pihaknya menyayangkan satuan pemadam kebakaran terlambat tiba di lokasi.

"Insiden tadi 20 menit baru datang Pemadam, carut marutnya bandara segera dihadiri, berikan rasa aman dan nyaman, bagi pemudik maupun semua warga negara, semua yang bertanggung jawab harus satu padu selamatkan pemudik," kata Fauzih.

Polikus Partai Hanura itu juga mengingatkan kepada kementerian dan otoritas terkait agar sadar bahwa mudik lebaran 2015 ini akan dijadikan penilaian oleh masyarakat.

"Kalau mudik lancar aman, kecelakan sedikit, pemerintah Jokowi-JK nggak ada rapor merah. Tapi kalau sebelum mudik sudah ada kecelakaan, image publik ke pemerintah Jokowi akan menurun terus. Nggak hanya Angkasa Pura, seluruh bandara Kemenhub harus zero accident," demikian Fauzih

Diketahui saat kejadian berlangsung, ada dua orang pegawai JW Sky Lounge yang baru masuk kerja. Mereka berdua sudah berada di sana sejak jam 03.00 WIB. Oven tersebut merupakan oven yang biasa digunakan untuk memasak.

Sejak pegawai itu tiba, oven sudah tersambung dengan listrik. Namun, percikan api baru dilihat sekitar jam 05.50 WIB lalu disusul dengan ledakan dari oven kemudian membakar seisi lounge. Petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi sekitar jam 06.10 WIB.

Sampai saat ini, polisi masih melakukan pemeriksaan terhadap dua orang pegawai yang berada di TKP. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Sedangkan untuk nilai kerugian masih belum bisa dipastikan.[wid]
Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar