Larang Nelayan Gunakan Cantrang, Menteri Susi Diminta Carikan Solusi

JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menilai alat tangkap cantrang ini bisa digunakan dengan baik. Oleh karena itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti seharusnya berdialog langsung dengan para nelayan untuk mencari solusinya.

Anggota Komisi IV DPR-RI Fraksi Hanura Fauzih Amro mengatakan, di Jawa Tengah jika ada pelarangan cantrang, Menteri Susi seharusnya berdiskusi dengan nelayan untuk mencarikan penggantinya. Pasalnya, alat pengganti cantrang yang selama ini diberikan tidak efektif.

"Di Jawa Tengah itu berlaku cantrang, kalau dikelola dengan baik. Coba diskusikan dulu dengan pemangku kepentingan, alat cantrang ini ada alat penggantinya, efektivitas alat pengganti cantrang itu tidak efektif," ujarnya dalam sebuah diskusi di Gado-Gado Bolpo, Jakarta, Sabtu (13/2/2017)

Fauzih melanjutkan, para pengguna alat tangkap ikan cantrang seharusnya jangan langsung ditangkap jika aturannya belum dijalankan. Pemerintah seharusnya melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada para nelayan tentang aturan pelarangan cantrang.

"Sementara cantrang di daerah Jawa dan Kalimantan itu ditangkapi pak, menurut saya khusus alat tangkap cantrang coba berdialog dulu, Sumatera Barat itu Gubernurnya memberikan bahwa cantrang ini bisa, persoalan sekarang itu yang ramah lingkungan itu seperti apa, kan dibuka ruang dialog dia harus mendengarkan," kata Fauzih.
(rzk)
Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar